Saturday 9 October 2010

“PANTAI BANDENGAN” Pantainya Buat Mancing Maniax


Pantai yang satu ini berada didesa Bandengan,masuk dalam wilayah kecamatan Kendal, mayoritas penduduk setempat sebagai nelayan sebagai mata pencaharian utama, penduduk disini kebanyakan berasal dari demak dan jepara
Untuk sampai di pantai ini ada beberapa alternatife alat transportasi yang bisa menjangkaunya diantaranya angkot jenis carry kuning. kita bisa naik angkot jurusan Bandengan dari terminal angkot yang berada di pasar Kendal, bisa juga kita naik dokar, alat transportasi yang satu ini berbahan bakar rumput lho…hehehehehe
Selain angkot dan dokar, kita juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, dalam hal ini yang paling efektif yakni sepeda motor.
Penulis waktu datang ke pantai Bandengan ini menggunakan motor, setelah sampai didesa Bandengan Babalan, motor kami titipkan ke salah satu rumah penduduk, akhirnya penulis berjalan kaki menyusuri jalan tak beraspal yang kanan kirinya terbentang luas hamparan tambak, kalau semalam tidak hujan kami pun bisa melanjutkan perjalanan dengan motor, berhubung semalam hujan lebat jadi kondisi jalanpun berubah agak becek dan licin. Pantai yang satu ini belum termasuk katagori yang layak dijadikan alternatife objek wisata Bahari, selain kondisi jalannya yang masih setapak alami juga belum ada tanda-tanda akan dibangun fasilitas penunjang semisal joglo istirahat, MCK, maupun warung makan.
Dipantai ini kita hanya bisa memandang laut lepas dengan deburan ombaknya untuk hanya sekedar jalan-jalanpun tak bisa, karena pantai yang satu ini tidak terdapat hamparan pasir, di bibir pantainya yang ada malah hamparan bambu-bambu, selain dijadikan benteng pertahanan dari deburan ombak, juga dipersiapkan untuk pembukaan area tambak baru nantinya.
Maka tak khayal lagi kalo yang datang kesini pasti membawa serta alat pancing, selain sebagai refresing ternyata juga ada yang memancing sebagai penunjang kebutuhan ekonomi keluarga, karena memang disepanjang jalur menuju kepantai ini masih terdapat banyak ikan. Jadi sayang kalo dilewatkan tempat yang satu ini khususnya bagi penggemar “Mancing Maniax”
Tapi jangan kuatir…walaupun tak ada tempat untuk bermain di area pantainya,ternyata di pantai bandengan ini terdapat acara sedekah laut yg sangat ramai bahkan ini menjadi andalan bagi warga sekitar.
orang sekitar menyebutnya dengan istilah ”nyadran” ( syukuran sedekah laut)

4 comments:

  1. Maaf tolong diralat dahulu postingan anda karena pantai bandengan atau yang biasa disebut pantai tirta samudra itu tidak terletak di Kendal, melainkan di Jepara, kondisinyapun tidak seperti yang anda tuliskan karena dipantai tersebut sudah ada hotel dan resort, terdapat penjualan tiket pada pintu masuk, dan di dalamnnya buuuaaanyak terdapat penjual makanan, terdapat buuuuuaaaanyak taman area bermain, bahkan disitu juga ada penyewaan banana boat, speed boat, dan canoe untuk menikmati lautnya. Selain banyak fasilitas diatas jika hari sudah sore sunset di bandengan tidak kalah indahnya dengan pantai Copenhage, karena nama bandengan dipilih oleh RA. Kartini karena indahnya melebihi Copenhagen... ini salah satu situs yang mengulas pantai bandengan (http://www.iftfishing.com/city/?p=5715)
    Tolong dikoreksi YA..!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong dikoreksi YA..!!! hehehe...( nyante mas bro....yang loe baca itu pantai bandengan yang ada di Kabupaten Kendal og...cermati dulu dunk ah kalo baca...

      Delete
  2. Berarti ada 2 pantai yang namanya sama nue? di jepara sama di kendal,
    aku juga tahu itu pantai bandengan yang ada di kendal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas...ada 2 pantai yang namanya sama..konon yang di Kabupaten Kendal yang memberi nama juga warga asli Jepara og.

      Delete