Monday 1 November 2010

“CURUG TERONG” Tebing yg mirip terong


Curug Terong, nama ini mungkin sedikit agak asing di telinga kita, atau malah mungkin kita belum mengetahuinya, namun siapa sangka Curug indah yang satu ini masih berada di wilayah Kabupaten Kendal, tepatnya berada di desa genting gunung, masuk dalam wilayah kecamatan sukorejo. Untuk mencapai desa genting gunung inipun tidaklah susah, di sini sudah tersedia angkutan umum yang banyak kita jumpai di terminal sukorejo, dengan mobil angkutan kode No. 45, karena kode No. 45 inilah mobil angkutan umum yang menuju kedesa Genting Gunung, selain itu, kondisi jalan menuju ke desa genting gunung sudah beraspal mulus, serta berkelok-kelok ditambah lagi dengan suasana yang begitu sejuk dan segar, hal ini dikarenakan desa genting gunung merupakan kakinya gunung perahu.
Kali ini penulis menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kedesa genting gunung, setelah menitipkan kendaraan ke ibu Tuwarni (salah seorang warga desa genting gunung yang juga sebagai base camp). Selanjutnya penulis melanjutkan perjalanan melewati jalan setapak yang kanan kirinya banyak di tanami berbagai macam jenis tanaman baik itu tebu, kopi, sayur kol, cabai dan masih banyak lagi.

Setelah melewati ladang penduduk, hutan pinus selanjutnya cemarapun sudah siap menanti dan menyambut penulis, kali ini ditemani kicauan merdu burung kutilang. Namun tak lama berselang berjalan di hutan ,penulis juga di haruskan menyusuri sungai yang airnya begitu dingin dan jernih,karena memang ini jalan utama menuju ke curug terong . disini kita harus berjalan dengan ekstra hati-hati karena kondisi bebatuan di sungai ini terkadang ada yang licin karena berlumut. Semakin kita mendekati curug terong ini, kondisi jalannya agak lumayan sulit, yaki naik keatas dengan bergelantungan menggunakan akar pohon, sehingga kita juga membutuhkan tenaga ekstra untuk menaikinya. Setelah berjalan sekitar 3 jam, penulis sampai juga dibawah air terjun. Rasa letih, capek segera hilang tatkala penulis menceburkan ke kubangan air terjun yang begitu jernih dan dingin airnya, ditambah lagi dengan rimbunnya pepohonan besar menjadikan udara disekitar begitu sejuk dan segar.
Curug Terong ini mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 45m. hal ini menjadikan banyak butir-butir air lembut yang berterbangan dan bertaburan ke udara, sehingga tampak seperti pelangi, sebuah pemandangan panorama alam yang begitu sangat menakjubkan. Biasanya curug terong ini ramai dikunjungi pada hari minggu serta waktu liburan sekolah, selain dari rombongan pramuka, pecinta alam, terdapat juga rombongan keluarga yang mengajak serta anak-anaknya, tak ketinggalan pasangan muda-mudi yang mengikat janji di curug terong ini, tak ingin rasanya beranjak dari tempat yang begitu indah ini.
Ingin lihat tebing mirip terong…….!

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Genting itu kecamatannya di Plantungan kan mas?Bukan Sukorejo..Setau aku si gitu.

    ReplyDelete
  3. iya devi...hehehe nah gitu donk..kalo aku salah yo di benerin...

    ReplyDelete